Sebenarnya, dalam mencuci scarf hijab memiliki cara khusus. Sebab, kain hijab memiliki bahan yang lebih tipis dibandingkan dengan baju sehari-hari yang kamu gunakan. Salah satu penyebab jilbab tidak awet karena cara mencuci yang kurang tepat. Oleh karena itu, penting memerhatikan perawatannya mulai dari mencuci hingga menyimpan jilbab Anda. Ketika ingin membersihkannya, lebih baik mencuci sendiri daripada menyuruh asisten rumah tangga. Agar tidak salah langkah dalam mencuci, ada baiknya kamu simak informasi berikut ini. 5 Cara mencuci scarf hijab agar tetap awet dan seperti baru :

5 Trik Mencuci Scarf Hijab Agar Seperti Baru

1. Tidak Pakai Pemutih
Hindari menggunakan pemutih. Bila ingin menghilangkan noda makanan atau lainnya yang menempel pada scarf bisa memanfaatkan bumbu dapur. Misalnya saja dengan menuangkan cuka ke dalam air cucian secukupnya untuk menghilangkan noda menguning.

2. Pisahkan Warna Gelap dan Terang
Sebelum mencucinya, pisahkan warna gelap dan terang. Cara ini untuk mencegah scarf berwarna cerah kelunturan kerudung lainnya. Jika perlu, bagi menjadi tiga bagian, warna pastel, gelap, dan bercorak dengan nuansa yang bold. Pisahkan pula scarf yang Anda rasa bisa luntur, terutama bila masih baru dan belum pernah dicuci sebelumnya.

3. Tidak Diperas Satu per satu
Untuk mengeringkan jilbab sebaiknya tidak diperas terlalu keras agar benang tidak merenggang atau berantakan terutama yang bahannya tipis atau sutera. Jika ingin memerasnya, gantung semua jilbab di atas hangerhanduk, gulung, baru peras secara bersamaan dengan lembut. Kelompokkan sesuai material scarfnya.

4. Cuci dengan Air Dingin
Tidak hanya pakaian, Anda juga disarankan mencuci scarf dengan air dingin. Hindari merendam ataupun membilasnya dengan air panas. Air panas bisa menimbulkan risiko warna memudar atau benang mengendur. Jika ingin menghilangkan noda di atas pakaian, daripada menggunakan air panas yang berisiko merusak scarf sebaiknya coba dengan cara-cara alami seperti menggosoknya dengan lemon atau baking soda.

5. Cuci Pakai Tangan
Agar awet, hindari membersihkan scarf menggunakan mesin cuci. Sebaiknya cuci menggunakan tangan. Cukup dikucek dengan tangan supaya bahannya tetap awet dan warnanya tidak mudah pudar. Hindari mengucek terlalu keras terutama bila materialnya tipis atau dihiasi banyak detail. Anda juga tidak disarankan membersihkannya menggunakan sikat. Cukup rendam dan gosok dengan tangan secara perlahan.

Read previous post:
Tips Terbaru Cara Merawat Kerudung Agar Tahan Lama

Bagaimana cara merawat kerudung agar tahan lama? Berikut tips terbaru cara merawat kerudung agar tahan lama. Banyak hijabers yang masih kurang...

Close