Bagaimana cara merawat kerudung agar tahan lama? Berikut tips terbaru cara merawat kerudung agar tahan lama. Banyak hijabers yang masih kurang memperhatikan cara merawat kerudung mereka. Hal tersebut membuat scarf mudah rusak dan tidak tahan lama. Penting memperhatikan cara merawat kerudung agar koleksi jilbab Anda tetap terlihat seperti baru walaupun sudah sering digunakan.

Berikut tips terbaru cara merawat kerudung agar tahan lama :

1. Merawat Kerudung dengan Merendam Dalam Air Hangat
Seluruh kerudung baik materialnya sifon, satin, sutera, tenun, jersey, polyester, dan lainnya bisa digabungkan menjadi satu. Rendam dalam air hangat untuk menghilangkan bakteri yang menempel. Pilih sabun cuci yang tidak akan merusak kerudung baik mengubah warnanya maupun membuat material menjadi kusam. Bila ingin memberantas aroma tidak sedap serta noda membandel bisa memanfaatkan baking soda. Tidak lupa gunakan pelembut pakaian untuk membuat kerudung harum dan halus. Ingat, cucilah dengan tangan bukan menggunakan mesin cuci.

2. Merawat Kerudung dengan Tidak Dicuci Bersamaan dengan Baju
Agar kerudung tahan lama, hindari mencucinya bersamaan dengan busana Anda. Kumpulkan kerudung yang ingin Anda cuci dalam satu wadah atau ember. Jika ada yang bermotif terutama batik, sebaiknya di letakkan dalam wadah terpisah agar scarf lainnya tidak berisiko luntur.

3. Keringkan
Hindari mengeringkan kerudung langsung di bawah sinar matahari agar warnanya tidak cepat memudar. Jemur di tempat yang teduh. Perhatikan pula cara memerasnya, hindari memeras kerudung terlalu keras yang bisa merusak benang serta materialnya. Balik bagian dalam agar berada di luar supaya warna jilbab tidak cepat kusam atau pudar. Biarkan kerudung kering secara alami.

4. Setrika
Cara menyetrika kerudung supaya tahan lama dengan memperhatikan suhunya. Pakailah suhu yang medium dan tidak terlalu panas supaya kerudung tidak rusak. Perhatikan pula ketika menyetrika jilbab dengan material satin atau sutera yang licin. Penggunaan strika yang terlalu panas bisa mengakibatkan kerudung satin mudah robek. Anda bisa menyiasatinya dengan melapisi kerudung satin dengan material lain saat menyetrikanya.

5. Menyimpan Kerudung
Untuk menata kerudung agar tetap rapi dan awet butuh gantungan khusus di lemari Anda. Kerudung lebih baik digantung agar tidak mudah kusut serta menempel dengan material lainnya. Sebelum digantung di atas hanger sebaiknya lipat terlebih dahulu supaya lebih rapi. Ini juga akan memudahkan Anda ketika sedang terburu-buru sebelum berangkat kerja.

Semoga bermanfaat dan selalu istiqomah hijabers. ūüôā

Read previous post:
Jasa Printing Kain Murah

Jasa Printing Kain Murah dari Baju Kerta & Co adalah tempat dimana anda bisa mengkreasikan penampilan kain yang anda punya...

Close